Ada 2 Prinsip Yang Harus diketahui Orang Tua Saat Mengajak Bermain Dengan Anak

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Hampir semua orang tua tahu kalau kegiatan bermain pada anak memberikan manfaat yang sangat besar bagi tumbuh kembang. Namun ada hal yang penting untuk diperhatikan orang tua saat mengajak anak bermain.

Ternyata menurut salah seorang dokter spesialis anak menyebutkan bahwa dalam hal mengajak bermain dengan anak ada 2 hal yang harus diperhatikan oleh orang tua.

sumber gambar : http://www.kesekolah.com/

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tentang bentuk, variasi, warna dan bunyi suatu mainan mempunyai manfaat yang penting bagi anak.

Artinya adalah sebagai orang tua harus bisa memberikan mainan yang positif dan bervariasi pada anak agar memberikan manfaat yang kompleks bagi perkembangan anak. Dengan begitu anak akan berkembang dengan lebih baik. Jangan sampai hanya melatih anak kita untuk bermain itu-itu saja yang membuat perkembangan kurang maksimal.

Baca Juga  Mitos Yang Membuat Wanita Enggan Memakai Kontrasepsi

Baca Juga : Mengapa Anak Penting Untuk diajak Jalan-jalan ?

Sebagai orang tua tentunya harus kreatif. Anda sebenarnya tidak perlu membelikan banyak jenis mainan untuk bisa mengajarkan berbagai permaianan kepada anak. Meskipun dengan menggunakan mainan yang sama, anda bisa memberikan variasi pada bentuk, warna, angka secara kreatif. Anda bisa memberikan berbagai intruksi yang berbeda dalam setiap permaianannya.

Baca Juga  Manfaat Ikan Gabus Bagi Penderita Diabetes

 

Prinsip yang kedua yang perlu diketahui oleh orang tua adalah sering mengajak anak untuk mampu bermain bersama teman-temannya yang sangat baik untuk melatih kemampuan komunikasi, sosial, dan mampu bekerjasama dengan orang lain.

Saat bermain dengan bersama teman-temannya, maka orang tua juga bisa mengajarkan kepada anak untuk melatih emosional. Sebagai contohnya adalah melatih kesabaran dengan menunggu giliran saat bermain bersama teman-temannya.

Saat anak kita bermain degan teman-temannya, maka penting juga untuk orang tua menemaninya. Dengan mendapatkan pendampingan saat bermain, maka akan mendorong anak untuk mencari tantangan permainan baru yang tentunya sangat baik bagi perkembangan anak.

Baca Juga  Efek Samping Mengkonsumsi Makanan Yang Sudah Kadaluwarsa

Artikel Terkait : Manfaat Membiarkan Anak Belajar dan Bermain Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *