7 Jenis Obat Yang Disarankan Dihindari Saat Perut Kosong

header niko 728 x 90

01 Oct 2000 --- Drug dose --- Image by © Andrew Brookes/CORBIS

InspirasiBersama.com – Sering kali kita mendengar dari dokter atau saat kita membeli obat di apotik tentang aturan minum obat yang diminum sebelum maupun sesudah makan. Sebenarnya apa manfaat aturan minum obat sebelum dan sesudah makan ?.

Aturan tersebut diberikan karena tidak semua obat mempunyai aturan minum yang sama. Ada jenis obat tertentu yang harus diminum sesudah maupun sebelum makan atau perut kosong. Mungkin selama ini kita bertanya-tanya apa manfaatnya.

Untuk menghindari reaksi obat yang berbeda, maka sangat disarankan untuk mengetahui 7 jenis obat yang disarankan untuk dihindari saat perut kita kosong, diantaranya :
Nonsteroid Anti-inflammation Drugs (NSAIDs)

Jenis obat pertama yang disarankan untuk tidak dikonsumsi saat perut kosong adalah Anti-inflamation Drugs (NSAIDs). Fungsi pemberian jenis obat ini adalah digunakan untuk mengatasi rasa nyeri.

Contoh dari jenis obat NSAIDs adalah naproxen yang biasa digunakan untuk mengatasi sakit kepala, arthritis dan nyeri saat menstruasi. Selanjutnya adalah ibuprofen yang biasa digunakan untuk meredakan demam yang disertai dengan rasa nyeri. Dan yang ketiga adalah aspirin yang efektif meredakan rasa nyeri sekaligus bisa mencegah akan penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga  Waspada Fobia Sosial Jika Mengalami Takut Bergaul

Pemberian jenis obat ini saat perut kita kosong akan menyebabkan berbagai masalah pada pencernaan bahkan bisa membuat lambung dan usus kita iritasi yang memicu perdarahan.

Baca Juga : Apa Yang Akan Terjadi Jika Kita Minum Obat Palsu ?

 

Antasida

Antasida termasuk jenis obat yang sebaiknya kita konsumsi satu jam setelah kita makan atau saat kita makan. Antasida merupakan obat untuk mengatasi masalah pencernaan yang biasanya ditandai dengan rasa mules dan gangguan pencernaan. Namun saat anda merasakan gangguan pencernaan saat malam hari, maka anda bisa langsung mengkonsumsi antasida tanpa harus makan terlebih dahulu. Jenis obat ini bekerja dengan cara menetralisir asam lambung.

 

Narkotika penghilang rasa sakit

Jenis obat selanjutnya yang disarankan diminum setelah makan adalah golongan narkotika untuk pereda rasa nyeri. Contoh jenis obat ini adalah codein, hydrocodone, oxycodone dan morfin. Saat kita mengkonsumsi jenis obat ini saat perut kita kosong, maka bisa menyebabkan rasa mual dan muntah.

Baca Juga  Sering Minum Alkohol Bisa Meningkatkan Resiko Kanker

 

Prednison

Prednison menjadi jenis obat ke-empat yang disarankan untuk kita minum saat makan atau setelah makan dan atau minum susu. Dengan begitu kita akan terhindar dari resiko iritasi pada lambung. Bahkan menurut FDA, saat kita mengkonsumsi jenis obat prednison dalam bentuk cair maka disarankan untuk mengkonsumsinya bersama dengan jus atau jenis makanan lunak lainnya.

Jenis obat ini bermanfaat untuk mengatasi mereka yang mempunyai masalah pada kadar kortikosteroid yang rendah. Kortikosteroid merupakan sebuah hormon yang berfungsi untuk menekan peradangan pada tubuh dengan mengendalikan kelanjar adrenal.

 

Metformin

Bagi penderita diabetes tipe-2 sudah tidak asing lagi dengan obat metformin. Jenis obat yang diberikan bagi penderita diabetes ini sangat disarankan untuk diminum saat makan atau setelah makan. Hal ini untuk menghindari dari terjadinya inkontinensia atau nyeri para perut. Selain itu dengan makan sambil minum obat ini berguna untuk menghindari penurunan kadar gula darah.

Baca Juga  Inilah Jadwal Pergantian Sel Dalam Tubuh Manusia

 

Antibiotik

Saat kita sakit maka sering kali seorang dokter memberikan antibiotik dalam resepnya. Dan seorang dokter biasanya menyuruh kita untuk makan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya. Hal ini untuk menghindari efek samping obat seperti iritasi lambung, mual dan muntah.

 

Kontrasepsi Oral

Jenis obat terakhir yang tidak disarankan diminum saat perut kita kosong adalah obat kontrasepsi oral. Disarankan juga untuk mengkonsumsi jenis obat ini tepat waktu setiap harinya agar fungsi obat bisa bekerja dengan baik. Selain itu saat kita minum obat kontrasepsi saat perut kosong akan menimbulkan rasa mual.

Artikel Terkait : Tips Mengenali Obat Yang Kadaluarsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *