6 Strategi Bisnis Online

header niko 728 x 90

6 Strategi Bisnis OnlineJika anda saat ini sedang menjalankan sebuah bisnis toko online, perlu anda baca terus artikel ini. Setiap toko online mempunyai cara yang bermacam-macam dalam promosinya. Dan kita tidak boleh terus melakukan promosi yang konvensional. Karena saat ini banyak banget toko online baru yang bermunculan yang siap menjadi pesaing bagi toko online kita. Untuk itu kita harus mulai berfikir bagaimana cara strategi bisnis online yang mampu membuat usaha toko online kita bertahan.

Saat ini pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan terus-menerus. Ini adalah sebuah kesempatan sekaligus peluang bagi mereka yang bisa memanfaatkan peluang ini untuk bisa mengembangkan usaha online mereka.

Berikut 6 strategi bisnis online yang bisa kita lakukan agar bisnis kita mampu bertahan bahkan mampu meningkatkan omset kita :

1. Strategi Online Marketing via Website atau Blog. 

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat sebuah blog atau website. Website ibarat sebuah toko yang non stop buka selama 24 jam meskipun kita sedang tidur. Yang harus diperhatikan dalam pembuatan web sebagai tempat jualan adalah website tersebut mampu menjelaskan secara detail tentang produk yang dijual. Untuk itu bagi anda yang ingin memasarkan sebuah produk tertentu disarankan untuk membuat sebuah website yang berbasis toko online. Dengan toko onloine kita bisa melakukan upload produk dengan mudah.

Baca Juga  Tempat Belajar Bisnis Online di Kebumen

2. Strategi Marketing Online Dengan OptimasiWebsite

Dengan semakin banyaknya para pencari informasi melalui search engine seperti Google, Yahoo, Bing dan lain – lain, maka kita harus mampu membaca peluang ini dan mencari cara melalui SEO agar website kita berada di tempat yang bagus di mesin pencarian Google untuk beberapa kata kunci potensial yang bisa mendatangkan penjualan. Dalam hal ini kita dituntut untuk bisa menguasai SEO ( Seacrh Engine Optimization ).

 

3. Memanfaatkan Jejaring Sosial

Social media saat ini sudah berkembang menjadi media promosi yang efektif bagi para pelaku bisnis online.

Saat ini pengguna social media seperti facebook dan Twitter jumlahnya jutaan. Bahkan pengguna terbesar facebook adalah negara kita tercinta yaitu Indonesia. Siapa sih hari gini yang tidak mempunyai akun social media ? semua orang hampir dipastikan mempunyai akun social media bahkan ada yang lebih dari satu akun. Dengan potensi yang sangat besar ini kita seyogyanya mencoba berpromosi melalui social media untuk meningkatkan omset bisnis kita.

Baca Juga  SB1M Malang

 

4. E-mail Marketing

Email marketing menjadi salah satu strategi bisnis online yang efektif untuk dilakukan. Dengan kita menjaring akun para pengunjung yang potensial dan kita lakukan foolow-up secara terus menerus menjadi alat promosi yang sangat strategis dalam jangka waktu yang lama.

5. Komunitas atau Forum

Forum atau tempat komunitas tertentu menjadi tempat yang efektif untuk melakukan promosi produk kita. Kita bisa memanfaatkan penggunaan tool signature agar kita bisa menaruh link website kita.

Kita bisa mencari forum facebook, twitte maupun group BBM untuk bisa menjangkau banyak calon pembeli produk kita. Dengan kita bergabung ke dalam suatu group atau komunitas maka produk kita akan lebih mudah cepat populer.

Baca Juga  Belajar Bisnis Online Bagi Pemula Gratis di Jakarta

 

6. Promosi Bisnis Melalui Iklan Gratis

Yang terakhir adalah melakukan promosi melalui iklan gratis. Sangat banyak sekali kita menjumpai tempat layanan iklan gratis di internet. Enaknya adalah ini gratis. Namun jika kita mempunyai dana untuk promosi kita bisa mencoba promosi melalui facebook ads. Dengan menggunakan facebook ads kita bisa menjangkau orang yang sangat potensial untuk bisa membeli produk kita.

Demikian informasi tentang strategi bisnis online yang bisa kita lakukan agar bisnis kita mampu tetap bertahan ditengah banyaknya persaingan. Yang lebih bagus adalah kita melakukan semua 6 langkah yang sudah kita sarankan di atas. Selamat mencoba.

 

Artikel Terkait : Cara Berbisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *