6 Jenis Makanan dan Minuman Yang Bisa Memicu Gigi Menjadi Kuning

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Memiliki gigi yang putih dan bersih menjadi impian setiap orang. Dengan memiliki senyum yang menarik, maka akan bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Namun tahukah kita bahwa kebiasaan makan kita tanpa kita sadari akan menyebabkan gigi kita menjadi kuning. Ada 6 jenis makanan dan minuman yang bisa memicu gigi kita menjadi kuning.

 

Bertambahnya usia juga bisa menyebabkan gigi kita menurun kecerahannya. Hal ini terjadi secara normal. Namun banyak jenis makanan dan zat-zat yang terkandung di dalamnya akan menyebabkan potensi noda menempel pada gigi. Kondisi ini akan memicu munculnya plak dan tartar yang menjadi cikal bakal munculnya gigi kuning.

minuman-bersoda-2

sumber gambar : Tribun Timur – Tribunnews.com

Berikut secara detail 6 jenis makanan dan minuman yang bisa memicu gigi menjadi kuning :

 

1. Teh hitam

Jenis minuman pertama yang bisa menyebabkan gigi kita menjadi kuning adalah teh hitam. Hal ini disebabkan karena dalam teh banyak terkandung tanin yang bisa membuat gigi kita banyak noda.

Baca Juga  Cara Mengenali Sinyal Tubuh Wanita Yang Sedang Dalam Masa Subur

 

Untuk mengurangi efek tanin ini, maka anda bisa mengkonsumsi teh hijau atau teh putih yang lebih mengandung lebih sedikit tanin yang bisa menyebabkan gigi kita menjadi kuning.

 

2. Minuman manis dan soda

Tahukah kita bahwa banyak jenis minuman manis dan bersoda bisa menyebabkan gigi kita mudah kuning. Hal ini disebabkan karena jenis minuman tersebut banyak mengandung asam sitrat, gula asam dan asam folat yang bisa merusak enamel gigi. Kondisi ini bisa jauh lebih buruk dampaknya jika kita malas untuk menyikat gigi.

 

Bukan hanya itu saja, jenis minuman diatas juga dikenal banyak mengandung pewarna buatan yang potensial untuk menempel pada gigi yang menyebabkan gigi kita berubah warna.

Baca Juga  Beberapa Kebiasaan Yang Bisa Mengganggu Metabolisme Tubuh

Baca Juga : Hubungan Sering Makan Asam Dengan Gigi Keropos 

 

3. Penambah rasa

Jenis makanan berikutnya yang bisa menyebabkan gigi kita mudah kuning adalah sering menggunakan penambah rasa. Biasanya para ibu sering kali menambahkan saos, kecap dan cuka dalam setiap memasak. Jika jumlahnya terlalu banyak bisa menyebabkan warna gigi kita berubah menjadi kuning.

 

4. Berbagai rempah-rempah

Ternyata berbagai jenis rempah-rempah juga bisa menyebabkan gigi kita berubah warna. Contohnya saja kunyit dan cabai. Tanpa kita sadari jenis rempah-rempah tersebut bisa sangat mudah menempel pada enamel gigi kita dan membuat perubahan warna.

 

5. Jus buah

Ternyata jus buah mempunyai efek samping yang sama saat kita mengkonsumsi kopi. Banyak minum jus buah juga bisa menyebabkan gigi kita berubah warna menjadi lebih kuning.

 

Dalam minuman jus buah banyak terkandung asam yang mempunyai efek samping mengikis enamel pada gigi kita. Namun kabar gembiranya adalah hal ini hanya berlaku untuk jenis buah buah kemasan saja. Untuk jus buah segar yang kita buat sendiri tidak menyebabkan efek samping pada warna gigi.

Baca Juga  Pentingnya Melatih Anak Untuk Menyelesaikan Masalah Sendiri

 

6. Wine

Jenis minuman terakhir yang bisa menyebabkan gigi kita berubah menjadi kusam adalah wine merah dan putih. Tahukah kita bahwa pada jenis minuman wine banyak terkandung tanin dan polifenol yang menjadi pencetus perubahan warna pada gigi menjadi kusam.

Artikel Terkait : Bahayakah Menggunakan Pasta Gigi Yang Mengandung Pemutih ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *