6 Cara Mudah Mencegah Penyakit DBD

header niko 728 x 90

nyamuk DBD

InspirasiBersama.com – Tingginya angka penderita DBD saat ini membuat kita khawatir. DBD disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegeypti yang membawa salah satu virus dengue yang jika kita tergigit maka kita akan terkena demam berdarah dengue (DBD)

Bagaimana cara nyamuk mampu menyebarkan virus ?. hal ini dikarenakan saat nyamuk menggigit seseorang yang terinfeksi virus dengue maka secara otomatis nyamuk tersebut mengandung virus. Saat nyamuk menggigit orang lain maka virus akan menyebar melalui pembuluh darah.

Yang berbahaya adalah banyak diantara kita yang tidak menyadari gejala yang ditimbulkan oleh virus ini. Gejala kita terjangkit DBD biasanya mulai muncul pada 4-10 hari setelah kita digigit oleh nyamuk Aedes. Berikut beberapa gejala awal yang sering kita jumpai pada kasus demam berdarah :

• Berawal dengan demam tinggi bisa sampai 41 derajat celcius dan susah untuk diturunkan
• Sakit kepala
• Terdapat nyeri pada otot, sendi dan tulang
• Bola mata terasa nyeri

Baca Juga  Pengen Tahu Kebiasaan Orang Sehat Sebelum Tidur ?

Gejala lain yang juga sering muncul pada kasus DBD :
• Ruam atau bintik merah pada kulit
• Mual dan muntah
• Perdarahan kecil dari gusi atau hidung walau jarang

Pada kondisi ini seorang penderita demam berdarah seharusnya mendapatkan perawatan dan penanganan dokter di rumah sakit. Dengan penanganan yang tepat dan cepat akan meminimalisir angka kematian yang disebabkan oleh DBD. Selain itu perawatan pada rumah sakit juga menghindarkan dari komplikasi yang disebabkan oleh DBD.

Pada kasus demam berdarah sering kita menjumpai pasien mengalami perdarahan pada bagian tubuhnya. Biasanya terjadi pada bawah kulit, hidung, mulut serta mampu membuat beberapa organ tubuh lainnya menjadi terganggu seperti paru-paru, jantung dan hati.

Saat seseorang sudah sembuh dari demam berdarah, maka tubuhnya akan kebal terhadap salah satu virus dengue. Namun karena jenis virus dengue ada empat, maka anda masih memiliki resiko terjangkit tiga jenis virus dengue yang lainnya.

Baca Juga  Cara Mudah Mencegah HIV Dengan Rumus TTM

Berikut 6 langkah mudah yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjangkit DBD :
1.  Cara yang paling utama yang harus kita lakukan adalah menghindari dari gigitan nyamuk Aedes. Hal ini dikarenakan sumber utama penularan virus ini adalah melalui gigitan nyamuk.

2.  Penggunaan AC dalam kamar maupun rumah akan membuat nyamuk tidak kerasan. Selain itu anda juga perlu memasang jaring nyamuk pada jendela atau ventilasi lain yang memungkinkan nyamuk bisa masuk ke rumah kita.

3.  Anda harus mengetahui kapan nymuk Aedes banyak keluar dari sarangnya. Nyamuk ni sering beraktivitas pada pagi, sore dan senja. Untuk itu kita harus waspada pada saat itu.

4. Penggunaan pakaian yang panjang dan berkaos kaki sangat membantu kita terhindar dari gigitan  nyamuk. Anda bisa menggunakan kemeja panjang, celana panjang, kaos kaki serta sepatu. Hal ini sangat disarankan jika anda bepergian ke tempat yang banyak nyamuk.

Baca Juga  Efek Samping Paparan Cahaya Artifisial Terhadap Kepadatan Tulang

5.  Anda juga bisa menggunakan obat nyamuk semprot maupun oles. Anda bisa menggunakan obat oles anti nyamuk dengan mengoleskan pada bagian kulit yang rentan terpapar gigitan nyamuk. Pada anak usia 3 tahun ke bawah obat oles tidak disarankan.

6.  Kita harus membuat lingkungan sekitar kita membuat nyamuk tidak kerasan. Misalnya membersihkan tempat-tempat yang tergenang air yang menjadi sarang nyamuk. Selain itu anda harus rajin menguras bak tempat mandi agar tidak menjadi sarang perkembangan nyamuk.

Sumber : Kompas

Artikel Terkait : Cara Mengenali Siklus Pelana Kuda Pada DBD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *