5 Langkah Mudah Mengatasi Mata Lelah Akibat Layar Komputer

header niko 728 x 90

mata perih akibat komputer

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang mempunyai pekerjaan dengan ditemani oleh layar komputer, pasti sering sekali merasakan mata yang lelah, perih, dan kering. Namun meskipun pekerjaan kita tidak menggunakan komputer, kebanyakan orang sekarang ini menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer maupun gadget yang mempunyai efek yang sama terhadap mata. Apabila anda sering merasakan mata yang perih, lelah dan kering karena terlalu lama menatap komputer atau gadget, maka ada 5 langkah mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata lelah. Berikut langkah-langkahnya :

1. Istirahat setiap satu jam sekali

Bagi kita yang dituntut untuk bekerja di depan komputer dalam jangka waktu yang lama, maka untuk menghindari mata lelah dan perih sangat disarankan untuk menyempatkan istirahat rutin setiap satu jam. Hal ini sangat penting untuk memberikan kesegaran pada mata. Anda bisa memanfaatkannya dengan melihat hal-hal yang membuat mata kita menjadi segar seperti melihat pemandangan alam.

Baca Juga  Dengan Rutin Berolahraga Aerobik, Bisa Turunkan Resiko Alzheimer

2. Tutup mata selama beberapa saat

Apabila anda merasa sulit untuk melakukan tips pertama, maka anda bisa melakukan menutup mata selama beberapa saat. Hal ini juga sangat penting untuk menghindari mata yang lelah dan perih akibat radiasi sinar layar komputer. Anda bisa melakukan tips kedua ini lebih sering jika dirasa mata kita sangat lelah.

3. Mencuci wajah setidaknya sekali sehari

Tips mudah selanjutnya untuk mengatasi mata yang lelah akibat layar komputer adalah dengan mencuci wajah kita. Jika anda seorang muslim maka sholat dhuhur pada jam istirahat kerja anda sangat penting untuk mengistirahatkan mata anda. Anda bisa melakukan wudhu yang bisa memberikan efek kesegaran pada mata dan wajah kita.

Baca Juga  Berapa Lama Kita Boleh Menahan Kencing ?

4. Berpaling dari monitor secara berkala

Paparan cahaya dari layar komputer memang membuat mata kita mudah menjadi lelah dan perih. Untuk menghindari hal ini kita bisa mensiasati dengan cara sering berpaling dari layar komputer. Kita bisa sesering mungkin melihat ke arah yang berbeda untuk menghindari radiasi sinar komputer. Namun saat melihat ke sudut yang berbeda, sangat disarankan untuk melihat sesuatu yang bercahaya yang membuat mata kita semakin lelah.

5. Gunakan lotion mata dari dokter

Tips mudah terakhir yang bisa kita lakukan untuk menghindari mata yang lelah saat didepan komputer adalah menggunakan lotion mata yang berasal dari dokter. Hal bisa terjadi karena pada sebagian orang yang gara-gara sering menatap layar komputer menyebabkan mata menjadi gatal, merah, perih dan kering. Untuk itu tidak ada salahnya anda berkonsultasi kepada dokter mata untuk mengatasi masalah mata anda akibat sering menatap layar komputer. Biasanya seorang dokter akan memberikan obat tetes mata.

Baca Juga  Tindakan Segera Yang Harus dilakukan Saat Terjadi Serangan Jantung

Demikian 5 langkah mudah mengatasi mata lelah akibat layar komputer. Anda bisa mencoba salah satunya..

Sumber : intisari-online.com

Artikel Terkait : Cara Memakai Lensa Kontak Berwarna Dengan Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *