5 Jenis Makanan Yang Bisa Menyebabkan Kita Cepat Lelah

header niko 728 x 90

kopi

InspirasiBersama.com – Sering kali kita merasakan setelah makan namun merasa badan seperti lelah. Hal ini menunjukkan kalau tidak semua makanan bisa memberikan efek energi bagi tubuh. Ada 5 jenis makanan yang jika kita konsumsi bisa menyebabkan tubuh merasa cepat lelah.

Apalagi jika jenis makanan ini dikonsumsi mereka yang mempunyai riwayat kelelahan kronik atau CFS, serangan flu yang berlangsung lama, sering nyeri otot dan kepala pusing, maka sangat disarankan untuk menghindari konsumsi jenis makanan ini.

Untuk membuat tubuh kita sehat dan bersemangat, maka kita memerlukan pola makan yang sehat, gaya hidup yang sehat serta latihan fisik yang teratur. Untuk itu sangat penting menjaga ketiga poin tersebut agar tubuh kita tetap sehat.

Langsung inilah deretan 5 jenis makanan yang bisa membuat kita cepat lelah :
Kafein

Baca Juga  Benarkah Seorang Ibu Yang Obesitas Akan Mengalami Hambatan Dalam Pemberian ASI ?

Jenis minuman pertama yang membuat tubuh kita terasa lemas adalah kafein. Menurut para pakar, sesaat setelah kita konsumsi kafein memang akan memberikan efek merasa terjaga. Namun perlahan efek itu akan hilang dan berganti dengan rasa lemas.

Oleh karena itu bagi anda yang tidak ingin mendapati badan lemas setelah makan, maka hindari minum kafein secara berlebihan atau bisa juga membatasi jumlah kafein misalnya saja hanya minum sehari satu sampai dua cangkir saja.
Gula tambahan

Selanjutnya adalah konsumsi gula tambahan juga menyebabkan tubuh kita terasa lemas. Bagi mereka yang sedang menjalankan sebuah program diet sangat menghindari yang namanya gula tambahan.

Menurut para ahli, saat kita kelelahan biasanya akan mendorong kita untuk mengkonsumsi yang manis. Saat kita minum manis, maka secara cepat tubuh kita akan kembali bertenaga. Namun sayangnya hal ini tidak akan berlangsung lama karena insulin akan berusaha menurunkan kadar gula dalam darah kita sehingga kita merasa lelah.

Baca Juga  Cara Mengenali Siklus Pelana Kuda Pada DBD

Untuk itu para ahli sangat menyarankan untuk membatasi makanan yang mengandung gula. Jika anda ingin sekali rasa manis bisa mendapatkan dari madu atau sirup apel yang lebih menyehatkan bagi tubuh kita.
Makanan yang digoreng

Tahukah kita bahwa pada makanan yang di goreng akan muncul sebuah radikal bebas yang apabila masuk dalam tubuh kita memicu terjadinya inflamasi dan bisa meningkatkan resiko CFS.

Untuk itu sangat tidak disarankan untuk banyak konsumsi makanan yang di goreng. Kita harus lebih banyak konsumsi makanan yang di rebus atau di panggang yang memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh kita.
Nasi putih dan pasta

Baca Juga  Manfaat Brokoli Bagi Penderita Kanker Payudara

Mengkonsumsi banyak nasi putih dan pasta sama halnya saat kita mengkonsumsi makanan manis yang bisa menyebabkan tubuh kita menjadi lemas. Sesaat saat kita makan nasi atau pasta memang akan memberikan energi yang cepat. Namun setelah itu glukosa akan dirubah oleh insulin menjadi energi yang menyebabkan tubuh kita menjadi lemas kembali.

Sangat disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan kandungan serat yang sangat bagus bagi kesehatan sekaligus memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Artikel Terkait : 7 Kebiasaan Yang Menyebabkan Tubuh Cepat Lelah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *