5 Jenis Makanan Yang Bisa Membuat Daya Tahan Tubuh Anak Kuat

header niko 728 x 90

wortel

InspirasiBersama.com – Setiap orang tua tentunya menginginkan anaknya mempunyai daya tahan tubuh yang baik sehingga tidak gampang terkena penyakit. Namun karena banyaknya bakteri yang berkeliaran disekitar lingkungan, kerap membuat anak kita jatuh sakit. Untuk mengantisipasi hal seperti ini, ada 5 jenis makanan yang bisa membuat daya tahan tubuh anak kuat.

Salah satu cara terbaik orang tua mencegah agar anaknya tidak mudah sakit adalah dengan cara meningkatkan nilai gizi makanan anak. Berdasarkan sebuah hasil studi mengatakan bahwa, untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, maka orang tua harus lebih sering memberikan menu makanan yang banyak mengandung vitamin A dan C.

Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin A dan C yang membuat daya tahan tubuh anak kuat :

1.Wortel
Jenis makanan pertama yang bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh si kecil adalah wortel. Hal ini disebabkan karena sayuran yang satu ini kaya akan kandungan vitamin A yang berguna untuk melawan infeksi pada tubuh anak.

Baca Juga  Bingung Bagaimana Cara Berkomunikasi Yang Baik Pada Bayi ? Ini Tipsnya

Kebanyakan si kecil tidak akan suka mengkonsumsi wortel, namun para orang tua dituntut untuk kreatif mengolah makanan agar si kecil bisa mengkonsumsi wortel tanpa ia sadari. Misalnya mencampur jus dengan wortel. Yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu banyak memberikan wortel pada anak. Pada anak usia kurang dari 5 tahun hanya membutuhkan sekitar 300 sampai 500 miligram vitamin A setiap harinya.

2.Yoghurt
Tidak dapat dipungkiri bahwa yoghurt memiliki banyak manfaat bagi kesehatan anak. Kandungan lactobacilus yang banyak terdapat pada yoghurt mampu meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap penyakit. Disamping itu kandungan probiotiknya mampu menyehatkan pencernaan anak.

Baca Juga : Manfaat Pencernaan Yang Sehat Bagi Daya Tahan Tubuh Anak

3. Salmon dan tuna
Jenis ikan yang sangat bagus dikonsumsi oleh anak-anak adalah ikan salmon dan tuna. Kedua jenis ikan tersebut banyak mengandung vitamin D yang sangat bagus bagi kesehatan tulang dan mampu meningkatkan imunitas tubuh anak.

Baca Juga  Perut Buncit Setelah Melahirkan, Apa Kata Dokter ?

Dengan rasa yang enak, maka membuat ikan salmon dan tuna banyak digemari oleh anak-anak. Apalagi jika seorang ibu pandai mengolah berbagai macam olahan ikan tuna dan salmon.

Untuk mendapatkan vitamin D yang cukup, seorang anak penting sekali untuk bermain pada dengan mendapatkan paparan sinar matahari terutama pada pagi hari. Sinar matahari pagi juga menjadi sumber vitamin D yang sangat bagus bagi kesehatan tulang.

4.Bayam
Jenis sayuran bayam juga tergolong banyak disukai oleh anak-anak. Hal ini disebabkan karena sayuran bayam mempunyai rasa yang manis. Kandungan bayam yang tinggi akan vitamin E mampu membuat anak kuat dalam melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga  Penyebab Ibu Rumah Tangga Banyak Yang Terinfeksi HIV

Dalam menyajikan bayam untuk anak-anak, maka orang tua bisa membuatnya dalam bentuk sayuran bening yang banyak disukai oleh anak-anak.

5. Daging
Jenis makanan terakhir yang bisa membuat daya tahan tubuh anak menjadi kuat adalah daging. Kita tahu bahwa dalam daging banyak mengandung protein dan zinc yang sangat bagus meningkatkan sel darah putih dalam melawan berbagai infeksi dalam tubuh. Selain itu konsumsi daging juga mampu membuat proses penyembuhan luka semakin cepat.

Artikel Terkait : Manfaat Makan Ikan Tuna Saat Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *