5 Hal Yang Menyebabkan Kulit Cepat Keriput

header niko 728 x 90

wajah keriput

InspirasiBersama.com – Secara alami, tubuh manusia mengalami penurunan fungsi seperti halnya pada kulit. Seiring bertambahnya usia, kulit kita akan mengalami penurunan elastisitas yang membuat kulit tampak lebih tua, keriput, muncul garis-garis kerutan pada wajah. Namun kondisi cepat keriput pada kulit juga bisa disebabkan karena 5 hal.

Ada sebagian orang yang tergolong cepat terlihat keriput dibandingkan dengan teman seusia mereka. Kondisi ini bisa disebabkan karena faktor pola hidup yang dilakukan orang tersebut mempercepat proses penuaan kulit yang membuat kulit cepat keriput.

Untuk mengantisipasi hal ini, maka penting bagi kita untuk mengetahui beberapa hal yang menyebabkan kulit kita cepat keriput :

 

Tidak menggunakan tabir surya saat ke luar rumah

Tahukah kita bahwa kebiasaan tidak pernah memakai tabir surya saat keluar rumah bisa membuat kulit kita cepat keriput. Hal yang sama diungkapkan oleh salah seorang profesor klinis dermatology yang bernama Mona Gohara, MD yang mengatakan bahwa penyebab terbesar atau sekitar 90 persen penyebab penuaan pada kulit disebabkan karena paparan sinar UV.

Kesadaran kita untuk memakai tabir surya saat keluar rumah terbilang masih kecil. Terbukti kita hanya memakai tabir surya hanya pada kegiatan tertentu misalnya berenang, jalan-jalan ke pantai, atau berjemur. Padahal ada banyak kegiatan diluar rumah yang sering kita lakukan tanpa menggunakan tabir surya, misalnya saat mengendarai motor, saat menyetir mobil dll.

Baca Juga  Inilah Nutrisi Yang Bisa Menghancurkan Lemak Dalam Tubuh Kita

Memang paparan sinar matahari tidak akan memberikan efek yang langsung besar pada kulit kita. Tetapi jika paparan kecil ini sering sekali kita lakukan, maka lama-lama akan berdampak besar bagi kesehatan kulit kita. Hasilnya akan membuat kulit kita menjadi lebih kering, muncul garis-garis dan terlihat keriput.

Baca Juga : Manfaat Memakai Tabir Surya SPF 30 Bisa Mencegah Kanker Kulit
Gemar makan karbohidrat putih, seperti pasta, nasi, dan roti

Asupan makanan yang tinggi karbohidrat dan gula akan berdampak buruk bagi kesehatan secara umum. Salah satu efek sampingnya adalah terhadap kesehatan kulit kita. bahkan menurut salah seorang pakar, makanan yang banyak mengandung gula tidak akan bagus bagi setiap organ tubuh kita termasuk kulit. Saat banyak asupan karbo dan gula, maka akan membentuk molekul yang membuat elastisitas dan kolagen kulit memburuk.
Hidup di perkotaan

Baca Juga  Ternyata Keriput Juga Bisa disebabkan Karena Kita Malas ke Dokter Gigi

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa hidup di kota memberikan kita banyak paparan akan asap kendaraan. Berdasarkan sebuah hasil studi mengatakan bahwa seseorang yang tinggal diperkotaan dengan paparan asap kendaraan yang tinggi akan beresiko mengalami cepat keriput pada usia 30an.

Ini menjadi sebuah fenomena yang sulit untuk dihindari bagi warga perkotaan. Namun para pakar menyarankan solusi bagi kita yang tinggal diperkotaan untuk lebih banyak mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung antioksidan yang banyak terdapat pada buah dan sayur yang bisa menangkal banyak radikal bebas dalm tubuh kita.
Bermain sosial media hingga larut malam

Kebiasaan masyarakat modern sekarang ini yang tidak bisa lepas dengan sosial media menyumbang penyebab cepatnya kulit menjadi keriput. Bagaimana tidak, banyak orang yang menunda waktu tidur mereka hanya demi menatap layar untuk bisa berinteraksi online dengan orang lain.

Apabila kita sering melakukan hal ini, maka akan membuat kadar kortisol kita tinggi yang sangat identik dengan hormon stres yang membuat kulit kita cepat keriput.

Baca Juga  Secara Alami Kemampuan Orgasme Pria Menurun Seiring Dengan Bertambahnya Usia

Padahal dengan melakukan tidur yang cukup, maka secara alami kulit kita akan melakukan regenerasi yang membuat kesehatan kulit tetap terjaga sehingga akan tampak segar dan berseri.
Merokok atau terpapar asap rokok

Bukan hanya memicu sakit jantung dan kanker paru-paru saja, merokok dan asap rokok juga bisa berakibat membuat kulit kita cepat keriput.

Kita tahu bahwa rokok penuh dengan radikal bebas baik dari rokok itu sendiri atau asapnya. Jadi saat masuk dalam tubuh kita akan membuat kadar radikal bebas lebih banyak yang membuat kerusakan pada kulit.

Memang reaksi dari merokok dan asap rokok tidak memberikan dampak yang langsung pada kulit kita, namun menurut para pakar ini bisa tampak setelah 10 tahun.

Artikel Terkait : 6 Buah Yang Bisa Memperlambat Penuaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *