5 Fakta Tentang Antioksidan Yang Sangat Bermanfaat

header niko 728 x 90

buah dan sayur kaya antioksidan

InspirasiBersama.com – Selama ini kebanyakan dari kita mengenal antioksidan sebagai zat yang sangat ampuh untuk mencegah dan melawan sel kanker dalam tubuh. Namun sebenarnya antioksidan mempunyai beberapa fakta yang banyak orang belum tahu. Disamping itu masih banyak orang yang mempunyai anggapan yang salah dalam memilih jenis makanan yang banyak mengandung antioksidan. Bahkan diantara mereka banyak yang terkecoh dengan label antioksidan tinggi dalam kemasan makanan.

Berikut 5 fakta tentang antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan :

 

1. Fakta tentang antioksidan yang pertama adalah antioksidan dapat bermanfaat dalam menghambat proses oksidasi. Proses oksidasi akan mempengaruhi asam lemak dalam tubuh kita.

Baca Juga  Jika Merasa Kesulitan Menurunkan Berat Badan, Bisa Jadi Diet Yang Kita Ikuti Keliru

2. Ternyata vitamin E, vitamin C, beta karotin dan selenium merupakan bagian dari antioksidan. Selama ini mungkin kita berfikir beberapa zat tersebut terpisah dengan antioksidan. Ada banyak jenis makanan yang banyak mengandung vitamin E diantaranya almond, kacang mete, udang, kepiting dan ikan.

Buah jeruk, kiwi, stroberi dan brikoli merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Sedangkan untuk jenis makanan yang banyak mengandung selenium contohnya adalah daging, ikan, sereal, susu. Untuk jenis makanan yang mengandung beta karoten banyak terdapat pada buah dan sayuran yang berwarna hijau gelap dan kuning.

Baca Juga  Bagaimana Caranya Agar Tidak Sakit Saat Liburan ?

3. Menurunnya kemampuan daya ingat otak menjadi indikasi adanya radikal bebas dalam tubuh serta adanya proses penuaan. Selain itu fungsi otak yang menurun juga bisa disebabkan karena kurangnya zat antioksidan dalam tubuh. Dengan banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan, maka akan meningkatkan kemampuan daya ingat otak.

4. Jenis makanan yang banyak mengandung antioksidan bukan hanya terdapat pada jenis buah dan sayuran saja. Ada beberapa jenis makanan lain yang banyak mengandung antioksidan diantaranya kuning telur, kopi, beras merah, gandum, oatmeal dan minyak safflower.

5. Fakta tentang antioksidan selanjutnya adalah ada sebagian orang yang menganggap kandungan antioksidan juga terdapat pada makanan kemasan. Hal ini adalah anggapan yang salah. Dalam makanan kemasan tidak ditemukan kandungan antioksidan.

Baca Juga  Diet Ketogenik Untuk Menurunkan Berat Badan

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : 6 Buah Yang Dipercaya Mampu Memperlambat Penuaan Dini 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *