4 Manfaat Mempunyai Hewan Peliharaan Terhadap Penurunan Stres

header niko 728 x 90

memiliki hewan peliharaan

InspirasiBersama.com – Memang bagi sebagian orang, memiliki hewan peliharaan menjadi hal yang sangat menyenangkan. Mereka mengaku dengan memiliki hewan peliharaan seperti mempunyai teman disaat kita stres. Ini adalah benar, dengan memiliki hewan peliharaan maka menurunkan resiko stres bagi pemiliknya. Bukan hanya stres saja, ada 4 manfaat mempunyai hewan peliharaan diantaranya :

1.Menurunkan hormon stres

Berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa dengan memiliki hewan peliharaan akan mampu menurunkan hormon stres. Hal ini terbukti misalnya saat kita stres, capek pulang kerja kemudian kita melihat kucing atau anjing kita sedang bermain, maka hati kita akan sedikit terhibur. Untuk itu memiliki hewan peliharaan mampu menurunkan hormon kortisol (stres) serta meningkatkan produksi hormon oxytosin yang berfungsi memberikan efek bahagia.

Baca Juga  Faktor Penting Yang Mempengaruhi Sukses Tidaknya Diet

2. Menurunkan tekanan darah

Apa yang terjadi saat kita mengalami stres ? Saat kita mengalami stres maka kerja jantung kita akan lebih cepat. Artinya jantung kita berdetak lebih cepat sehingga memicu peningkatan tekanan darah. Hal ini sesuai dengan pernyataan Lynne T.Braun, PhD yang merupakan seorang profesor of nursing dari Rush University di Chicago.

Untuk itu dengan memiliki hewan peliharaan, maka mampu membuat pemiliknya tidak mudah mengalami stres sehingga mampu menurunkan tekanan darah. Sebuah studi yang dilakukan di Amerika juga menyebutkan bahwa seseorang yang memiliki hewan peliharaan maka cenderung memiliki tekanan darah yang lebih stabil.

Baca Juga  Benarkah Penyuka Minuman Teh dan Kopi Mudah Gemuk ?

3. Membiarkan kita keluar dari masalah

Saat kita mengalami sebuah masalah, misalnya berhubungan dengan pekerjaan, ekonomi, dan keluarga maka dengan mencoba mendekati hewan peliharaan maka bisa membantu kita lebih tenang dalam menghadapi masalah tersebut. Bahkan sebagian orang mengaku bisa menentukan sikap yang tepat setelah mereka mencoba mendekati dan mengajak bermain hewan peliharaan.

4. Memberikan terapi terbaik

Bagi kebanyakan orang yang mengalami stres dan mencoba mendekati hewan peliharaan, maka mereka mengakau bisa memberikan terapi yang baik terhadap masalah yang dihadapi. Bukan hanya saat kita memiliki masalah saja, tetapi saat emosional kita terganggu maka hewan peliharaan bisa menjadi solusi yang tepat untuk menstabilkan emosi kita.

Baca Juga  Benarkah Obat Kumur Bisa Memicu Penyakit Diabetes ?

Namun jika anda memilki suatu masalah penyakit serius yang berbahaya, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter tentang hewan peliharaan yang baik untuk anda pelihara dan bisa menjadi terapi yang baik bagi kesehatan anda.

Itulah 4 manfaat mempunyai hewan peliharaan terhadap penurunan stres. Untuk itu tidak ada salahnya anda mempunyai hewan peliharaan.

Sumber : intisari-online.com

Artikel Terkait : 6 Dampak Buruk Stres Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *