3 Tips Untuk Si Kecil Agar Dapat Tidur Cepat

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Adakalanya seorang anak mengalami susah tidur, hal ini dapat membuat sang anak rewel karena kurang tidur. Selain itu juga akibat kurang tidur juga dapat membuat anak jatuh sakit.

Bukan hanya itu, waktu istirahat orangtuapun dapat terganggu akibat si kecil yang sulit tidur. Berikut ini ada tiga tips untuk si kecil agar dapat tidur cepat:

sumber gambar : http://www.solusisehatku.com/

1. Atur jam tidur lebih awal

Jika anak anda masih terlihat aktif  bahkan sampai pukul 22:00 menurut dari seorang penulis buku No-Cry Sleep Solution yakni Elizabeth Pantley, sebenarnya mereka sudah siap tidur bahkan beberapa jam lebih awal.

Baca Juga  Tips Menidurkan Si Kecil Lebih Cepat dengan 3 Langkah

Karena itu anda sebagai orangtua sebaiknya mengajak anak untuk ke tempat tidur untuk bersiap siap tidur lebih awal, anda mungkin akan terkejut karena anak akan cepat tertidur meskipun baru saja bermain dengan aktif.

Baca Juga : Waktu Terbaik Seorang Anak Melakukan Tidur Malam

2. Matikan lampu

Jika anak mengalami sulit tidur Kevin Smith, PhD, seorang psikolog menyarankan pada orangtua sebaiknya mematikan lampu di kamar si kecil paling tidak satu jam sebelum anak tertidur.

Bukan hanya lampu, namun orangtua seharusnya mematikan semua jenis elektnonik sengan layar seperti televisi dan juga HP/ ponsel. Berdasarkan dari hasil penelitian menyebutkan jika cahaya dari elektronik dapat menyebabkan anak sulit tidur.

Baca Juga  Dibalik Manfaatnya Untuk Menurunkan Kolesterol, Obat Kolesterol Juga Bisa Meningkatkan Keperkasaan Pria

Namun jika si kecil takut dengan kegelapan, orang tua dapat memasang lampu tidur yang minim cahaya untuk menemani sang anak tidur.

3. Biarkan anak tidur siang

Kadang kita sebagai orangtua berfikir jika anak tidur siang maka akan membuat anak sulit tidur di malam harinya. Namun ternyata menurut Elizabeth hal itu tidaklah benar.

Elizabeth mengatakan jika seorang anak sebenarnya memang membutuhkan waktu tidur siang agar dapat merasa segar kembali meskipun malam harinya sudah tidur nyenyak.

Baca Juga  Sering Membacakan Buku Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Membiarkan anak untuk tidur siang juga sangat baik karena waktu tidur siang dapat melepaskan hormon yang mampu melawan stres sehingga sang anak dapat tidur dengan nyenyak di waktu malam harinya.

Artikel Terkait : Tips Agar Bayi Bisa Tidur Dengan Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *