3 Kiat Mengatasi Adik Kakak yang Suka Tidak Akur

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi anda memiliki dua orang anak atau lebih mungkin tidak asing dengan pertengkaran. Ini menjadi hal yang wajar terjadi karena saudara kandung hidup secara bersama dengan peluang interaksi yang sangat tinggi. Namun apakah kita membiarkan begitu saja anak-anak kita yang suka tidak akur ?

 

Menyikapi anak-anak yang suka berantem atau tidak akur dengan saudaranya, membuat kebanyakan orang tua merasa risih. Kalau anak sudah berselisih biasanya akan menimbulkan suasana yang ramai, berteriak-teriak atau bahkan salah satu pasti ada yang nangis.

anak-yang-suka-bertengkar

sumber gambar : wolipop.detik.com

Sebagai orang tua di tuntut untuk bijak melihat anak-anaknya yang sering bertengkar. Orang tua tidak boleh membiarkan anak-anaknya sering bertengkar karena bisa menyebabkan hubungan saudara antara adik dan kakak kurang memiliki satu sama lain.

 

Berikut 3 kiat yang bisa dilakukan oleh orang tua ketika melihat anaknya suka bertengkar :

Baca Juga  Waspada Ternyata Kanker Juga Dapat Menyerang Anak-Anak

Cerdas baca situasi
Tips pertama yang harus dilakukan oleh orang tua saat melihat anak-anaknya suka berselisih dengan saudaranya adalah cerdas membaca situasi. Artinya orang tua tidak boleh terlalu ikut campur dalam pertengkaran anak. Alangkah lebih baik orang tua memberikan kesempatan anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

 

Sebenarnya pertengkaran yang sering terjadi antara adik dan kakak juga memiliki banyak manfaat. Misalnya saja melatih anak untuk kemampuan toleransi terhadap orang lain, bagaimana cara menyelesaikan masalah atau melakukan sebuah negosiasi.

 

Namun jika perselihan antara adik dan kakak sudah kelewatan lebih jauh seperti adanya kekerasan fisik, maka orang tua harus melakukan sebuah intervensi untuk meredam perselisihan.

Baca Juga : Pola Asuh Kepada Anak Tidak Harus Berujung Pada Kebahagiaan

Hargai privasi anak
Pada dasarnya setiap orang tua tidak menginginkan anak-anaknya berselisih atau bertengkar, namun pada kenyataannya hal itu sangat sulit untuk dihindari. Namun jika terjadi, maka orang tua dituntut untuk menghargai privasi anak.

Baca Juga  Nyeri Tulang Belakang Bisa Disebabkan Oleh Beberapa Kebiasaan Ini

 

Menurut salah seorang pakar edukasi anak yang bernama Jeannette Decker mengatakan bahwa jika dalam seminggu anak-anak anda hanya bisa akur selama dua atau tiga hari saja itu masih dalam batas yang normal.

 

Hal itu masih dalam batas normal sama seperti kita yang tidak selalu akur dengan orang lain. Bukan hanya itu saja, terkadang kita juga berselisih dengan pasangan kita. Itu menjadi hal yang sangat wajar terjadi.

 

Yang harus diberikan oleh orang tua kepada para anak adalah memberikan privasi masing-masing kepada anak. Misalnya saja memberikan fasilitas kepada anak-anak agar tidak mengganggu saudaranya.

 

Jangan pilih kasih
Kiat yang terakhir mengatasi adik-kakak yang suka berselisih adalah dengan tidak pilih kasih. Sering kali kita melihat ada orang tua yang pilih kasih dengan anak-anaknya. Seharusnya saat anak-anak bertengkar, orang tua tidak boleh membela satu sama lain. Orang tua harus bisa bersikap adil.

Baca Juga  Memanfaatkan Putih Telur Sebagai Masker Wajah Alami

 

Jika terjadi perselisihan antara anak, maka sebaiknya orang tua memberikan kesempatan anak-anak untuk berkomunikasi tentang apa yang menyebabkan mereka bertengkar. Dengan berkomunikasi maka orang tua bisa memberikan solusi yang tepat dan tidak memihak antara adik dan kakak.

Artikel Terkait : Cara Melatih Anak Untuk Mempunyai Ketrampilan Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *