3 Jenis Ucapan Orang Tua Yang dilarang diucapkan Kepada Anak

header niko 728 x 90

ucapan-buruk-kepada-anak

InspirasiBersama.com – Sebagai orang tua tentunya menginginkan anaknya bisa tumbuh sempurna dan menjadi kebanggaan orang tua. Namun kalau kita melihat, banyak sekali orang tua yang kurang baik dalam mendidik anaknya. Sering kali para orang tua mengucapkan hal yang tidak baik kepada anak saat anak melakukan kesalahan atau tidak sesuai keinginan orang tua. Ternyata ada 3 jenis ucapan yang dilarang diucapkan orang tua kepada anak.

Memang ini bukan perkara yang mudah bagi seorang orang tua yang dalam 24 jam bersama dengan anak. Pastinya ada hal-hal atau tingkah laku anak yang membuat kita kesal, lelah dan meningkatkan emosi orang tua.

Meskipun dalam kondisi apapun, ternyata para pakar sangat menyarankan kepada orang tua untuk tidak mengucapkan hal-hal buruk yang bisa berdampak buruk pada anak. Tak jarang anak akan merasa minder, merasa tidak berharga dan tidak ada yang sayang kepadanya yang disebabkan karena ucapan orang tua.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mendidik Anak Agar Rajin Gosok Gigi ?

Berikut ada 3 jenis ucapan yang tidak disarankan diucapkan oleh orang tua kepada anak :

Nilai kamu harusnya lebih tinggi seperti…
Ucapan pertama yang tidak disarankan diucapkan kepada anak oleh orang tua adalah selalu membandingkan anak dengan orang lain, teman atau saudara kandungnya sendiri yang lebih memiliki kelebihan. Apabila anak sering mendapatkan ucapan ini maka akan berdampak menjadi anak yang rendah diri dan terdapat trauma yang sulit dihilangkan.

Anak yang sering dibandingkan dengan orang lain yang lebih baik oleh orang tuanya akan membuat anak kita tumbuh menjadi anak yang kurang optimis, tidak percaya dengan kemampuannya dan menjadi anak yang penakut.

Baca Juga  Ramadhan Adalah Waktu yang Tepat Untuk Berhenti Merokok

Si pesek, si gendut, si hitam, dan lain-lain
Bagi orang Indonesia sudah menjadi kebiasaan untuk memanggil anaknya dengan sebutan yang negatif sesuai dengan fisik anak. Misalnya saja si gendut, si cengeng, si hitam dll. Ternyata ucapan seperti ini menurut para pakar tidak disarankan atau dilarang diucapkan kepada anak.

Seorang anak yang sering mendapatkan panggilan jelek dari orang lain atau bahkan orang tuanya sendiri maka akan membuat anak merasa kurang percaya diri. Anak kita akan merasa dia tidak cantik, tidak cerdas, dan kurang menarik sehingga membuat anak menjadi punya mental harga diri rendah.

Baca Juga : Waspada Jika Anak Mempunyai Sifat Sangat Pemalu

Kamu cengeng
Jenis ucapan terakhir yang tidak dibolehkan diucapkan kepada anak adalah mengucapkan kata ‘kamu cengeng’. Sebagao orang tua harusnya paham kalau setiap anak mempunyai karakter yang berbeda-beda.

Baca Juga  Untuk Melawan Obesitas, Olahraga Saja Tidak Akan Cukup

Ada kalanya mempunyai 3 anak yang satu mempunyai sifat sangat penurut, kemudian anak kedua pemarah dan anak yang terakhir mempunyai perasaan yang sensitif. Seharusnya orang tua menyadari perbedaan karakter ini dan tidak mengucapkan kata-kata kepada anak yang bisa membuat seorang anak menjadi pribadi yang lemah.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Tips Mendidik Kedisiplinan Anak Ala Orang Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *