3 Jenis Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan di Microwave

header niko 728 x 90

dampak memanaskan makanan dengan microwive

InspirasiBersama.com – Saat ini microwive menjadi alat yang praktis untuk menghangatkan makanan. Masyarakat modern sekarang ini banyak yang menggunakannya. Meskipun banyak pendapat yang menyatakan aman memanaskan makanan di microwive, namun ada 3 jenis makanan yang harus anda hindari untuk dipanaskan pada microwive. Hal ini dikarenakan untuk menghindari penyerapan bahan kimia yang masuk pada makanan yang dipanaskan.

 
Daging beku
Jenis makanan pertama yang harus anda hindari memanaskan dengan microwive adalah daging beku. Memang kedatangan microwive membuat banyak tugas ibu-ibu menjadi lebih mudah. Misalnya saja saat kita mencairkan daging beku yang baru kita ambil dari Freezer. Memang saat kita mau memasak daging yang masih beku, sangat terbantu dengan memasukkan daging ke microwive terlebih dahulu karena cepat cair.

Baca Juga  Sering Berkeringat Pada Malam Hari Bisa Menjadi Tanda Adanya Penyakit

Namun ada kabar kurang baik bagi anda yang sering menggunakan microwive untuk mencairkan daging beku. Menurut USDA, pencairan daging beku menggunakan microwive membuat proses pencairan tidak berjalan dengan sempurna. Artinya masih ada bagian daging yang masih beku.

Dengan tidak ratanya pencairan daging menggunakan microwive akan menyebabkan daging mudah kemasukan bakteri. Kalau kita tidak memasak daging pada saat itu, maka besar kemungkinan daging akan mudah busuk.

 

Makanan dalam wadah plastik
Makanan yang terbungkus plastik sangat disarankan untuk tidak dipanaskan menggunakan microwive. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari resiko terpaparnya makanan akan bahan kimia yang terkandung dalam plastik seperti BPA dan BPS yang sangat berbahaya bagi kesehatan terutama bagi endokrin.

Baca Juga  Cara Mengenali Peningkatan Berat Badan Ibu Hamil Yang Normal

Hal ini dibuktikan dalam sebuah hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 yang menyebutkan bahwa makanan yang terbungkus plastik meskipun sudah berlabel BPA-fre saat dilakukan pemanasan dengan microwive akan melepaskan racun yang bisa mengkontaminasi makanan yang dipanaskan. Apabila anda mau memanaskan makanan dalam wadah plastik dalam microwive, sangat disarankan untuk mengganti wadah plastik terlebih dahulu dengan wadah keramik yang lebih aman bagi kesehatan.

 

Bungkus popcorn
Apakah anda sering melakukan pemanasan bungkus popcorn dengan microwive ?. Kebanyakan orang akan menganggap prosuk kertas tidak akan berdampak negatif pada makanan yang dipanaskan. Namun tahukah kita kertas popcorn yang digunakan sebagi pembungkus juga mengandung bahan kimia seperti lem dan tinta yang apabila mendapatkan pemanasan seprti pada microwive akan memunculkan gas beracun. Untuk menghindari hal ini maka para pakar sangat merekomendasikan untuk tidak memanaskan bungkus popcorn menggunakan microwive.

Baca Juga  Beberapa Masalah Pada Rambut yang Harus Diwaspadai Karena Menjadi Tanda Penyakit

Artikel Terkait : Apa Bahayanya Jika Makanan Dibungkus Plastik Hitam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *