3 Jenis Makanan Yang Efektif Menangkal Efek Buruk Junk Food

header niko 728 x 90

Seaweed, the main source of income in the Caluya Islands for many people. The farmers grow and dry the seaweed before it gets sold to bigger buyers. Then the seaweed is processed into carrageenan, a binding/thickening agent used in many products from food to toothpaste. Unfortunately for the farmers, Typhoon Yolanda (Haiyan) washed many of their crops away.

InspirasiBersama.com – Sering kali kebiasaan mengkonsumsi junk food dikaitkan dengan kebiasaan kurang tidur, jarang melakukan sarapan pagi dan terlalu banyak aktivitas. Hal itulah yang mendorong banyak orang untuk mengkonsumsi junk food. Saat kita sering mengkonsumsi junk food, maka tidak jerang akan menyebabkan gangguan pada kesehatan seperti terjadinya nyeri perut, kepala pusing dan badan menjadi lemas. Kabar gembiranya adalah ada 3 jenis makanan yang cukup efektif menangkal efek buruk dari junk food.

Mereka yang sering mengkonsumsi junk food biasanya akan diimbangi dengan banyak konsumsi gula. Yang lebih parah lagi adalah kandungan pemanis buatan yang terdapat pada makanan junk food. Ada banyak resiko kesehatan jika kita banyak konsumsi makanan yang banyak mengandung pemanis buatan diantaranya meningkatkan resiko penyakit diabetes tipe 2, serangan jantung dan Alzheimer.

Baca Juga : Jika Suka Makan Junk Food, Anda Harus Rajin Berolahraga

Dalam sebuah hasil studi yang dilakukan oleh UCLA menyebutkan bahwa ada 3 jenis makanan yang bisa efektif menangkal efek buruk dari junk food. Jenis makanan tersebut adalah yang banyak mengandung asam docosahexaenoic atau DHA dan mengandung asam lemak omega-3.

Baca Juga  Ternyata Nanas Bisa Bermanfaat Meredakan Cedera Otot dan Cacingan

Berikut 3 jenis makanan yang efektif menangkal efek buruk dari junk food :
Jus lidah buaya

Jenis makanan pertama yang efektif membersihkan tubuh kita dari bahaya junk food adalah dengan mengkonsumsi jus lidah buaya. Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan Nikki Ostrower yang merupakan pendiri NAO Gizi yang berada di New York City.

Dalam sebuah Juornal British of General Parctice menyebutkan bahwa mengkonsumsi jus lidah buaya bisa membantu terjadinya peradangan pada usus dan melakukan perbaikan dalam usus kita. Hal ini tentu sangat baik bagi kesehatan pencernaan yang bisa meningkatkan komposisi bakteri baik dalam usus.
Rumput laut

Baca Juga  Dampak Negatif Jika pH Tubuh Terlalu Asam

Jenis makanan kedua yang bisa menangkal efek buruk junk food adalah rumput laut. Rumput laut tergolong jenis sayuran yang bisa mengembalikan stamina dan kondisi badan yang lemas. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin B12 yang banyak terdapat pada rumput laut.

 

Bukan hanya kaya kandungan vitamin B saja, rumput laut juga kaya akan kandungan zat besi, potasium, kalsium, magnesium dan fosfor. Ada banyak kandungan mineral juga dalam rumput laut seperti vitamin A, C, K dan E. Semakin gelap warna rumput laut, maka kandungan konsentrasinya semakin besar dan sangat bagus bagi kesehatan tubuh.
Kacang walnut

Pernahkah anda mencoba mengkonsumsi kacang walnut saat pertu terasa sakit. Mengkonsumsi kacang walnut sebagai camilan efektif untuk menetralisir efek buruk dari junk food.

Baca Juga  Beberapa Gangguan Kesehatan Yang Bisa Membuat Rambut Rontok

Bahkan dalam sebuah hasil studi yang dilakukan oleh Yale University menyebutkan kalau orang yang mengkonsumsi kacang walnut bisa mendorong kita untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat.

Ini artinya jika kita setiap hari mengkonsumsi kacang walnut, maka bisa mencegah kita dari kebiasaan ngemil makanan yang kurang sehat yang bisa menyebabkan obesitas dan resiko beberapa penyakit lainnnya.

Artikel Terkait : Bahaya Junk Food Bagi Kesehatan Ginjal 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *