3 Indikasi Kalau Tubuh Kita Membutuhkan Protein

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sudah bukan rahasia lagi kalau protein sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Tanpa adanya jumlah protein yang cukup, maka tubuh tidak bisa berjalan dengan baik. Bahkan kondisi ini bisa menyebabkan kita tidak bisa aktif dan hidup dengan sehat. Untuk itu perlu sekali mengenali indikasi kalau tubuh membutuhkan protein.

 

Untuk bisa mencukupi kebutuhan protein tubuh kita, maka sangat disarankan untuk cukup mengkonsumsi ikan, daging, kacang-kacangan, susu dan biji-bijian yang mengandung banyak protein. Bahkan menurut para pakar kesehatan menyarankan untuk banyak konsumsi protein agar tubuh kita sehat dan aktif.

Baca Juga : Protein Mempunyai Peranan Yang Penting Dalam Membentuk Otot

aktif-bergerak

sumber gambar : Merdeka.com

Berikut 3 indikasi kalau tubuh kita membutuhkan asupan protein :

 

Anda sangat aktif

Indikasi yang pertama anda membutuhkan asupan protein adalah jika mempunyai aktivitas yang sangat tinggi atau aktif. Kondisi ini biasanya dialami oleh para atlet yang mengharuskan melakukan latihan dengan berat dengan durasi yang lama. Pada kondisi ini anda membutuhkan banyak asupan protein.

Baca Juga  Seorang Guru Luar Biasa di AS Hapuskan PR Dari Kelasnya

 

Dengan konsumsi banyak protein bagi mereka yang mempunyai aktivitas yang tinggi, maka akan membuat tubuh tetap bersemangat dan tidak lemas. Selain itu tercukupinya asupan protein dalam tubuh kita juga memberikan efek pemulihan stamina yang lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang kekurangan asupan protein.

 

Menurunkan berat badan

Bagi anda yang menjalankan program penurunan berat badan, maka sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi protein dibandingkan dengan karbohidrat. Hal ini disebabkan karena saat kita konsumsi protein, maka akan memberikan efek kenyang yang lebih lama.

 

Berbeda saat kita konsumsi banyak karbohidrat yang cepat memberikan efek kenyang, namun tidak akan bertahan lama. Kondisi kenyang yang terjadi hanya berlangsung tidak lama yang pada akhirnya mendorong kita untuk makan lagi.

Baca Juga  Mengupas Manfaat Mandi Malam Hari Sebelum Tidur

 

Mengapa hal ini bisa terjadi ? Ternyata saat kita mengkonsumsi protein, maka secara alami akan mendorong produksi hormon jenis peptida YY yang berfungsi untuk menekan rasa lapar.

 

Ini berarti jika kita bisa memenuhi kebutuhan kalori kita sekitar 30% saja dengan protein, maka akan memberikan efek makan dengan porsi yang lebih sedikit yang disebabkan karena masih kenyang.

 

Anda berada di usia 50an

Bagi anda yang sudah memasuki usia 50 tahun, maka sangat disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi protein. Hal ini disebabkan karena pada masa menopause terjadi pelemahan otot dan tulang yang memicu terjadinya osteoporosis. Dengan banyak konsumsi protein bisa mencegah hal ini terjadi lebih dini.

 

Hal ini terbukti berdasarkan sebuah hasil studi yang menyebutkan kalau orang di usia 50 tahun mengkonsumsi protein dua kali lipat dari biasanya, maka terbukti akan mampu mempertahankan kekuatan otot. Bahkan kondisi ini bisa terjadi hanya dalam jangka waktu 4 hari saja.

Baca Juga  Dampak Buruk Jika Kita Malas Mandi Selama Dua Hari

 

Para pakar kesehatan sangat menyarankan bagi anda untuk memenuhi kebutuhan kalori anda dengan mengkonsumsi protein sebanyak 15 sampai 25 % jika ingin merasakan hasil yang lebih optimal.

 

Untuk mendapatkannya anda bisa mengkonsumsi ikan, telur dan daging sebagai lauk setiap makan. Sedangkan untuk camilan anda bisa mengkonsumsi biji-bijian sebanyak 90 sampai 105 gr dalam setiap harinya.

Sumber : Kompas

Artikel Terkait : Tanda Kalau Kita Kekurangan Protein

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *